Hendika Permana

I Putu Hendika Permana, S.Kom, MM.

Jl. Siulan Sekar Bhuana III No. 17. Denpasar - Bali
I Putu Hendika Permana, S.Kom, MM.

Filosofi Dupa Pada Komunitas

March 25, 2015, by 4dm1n, category Story

dupa

Pada suatu pagi disaat saya mebanten (menghaturkan upakara dalam hindu), saya mendapatkan sebuah filosofi yang lumayan mendalam. Pada saat itu adalah dimana waktu saya menghidupkan beberapa batang dupa. Setiap hari saya menghidupkan beberapa batang dupa setiap pagi. Setiap hari nya saya belajar bagaimana cara menghidupkan dupa agar cepat terbakar. Semakin hari semakin mencari bagaimana cara agar dupa tersebut dapat dengan mudah dan cepat terbakar. Kebiasaan itu membuat saya menemukan sebuah cara untuk menghidupkan dupa dengan cara yang tercepat.

 

Cara tercepat menurut versi saya adalah : Semua dupa dikumpulkan, tetapi harus diberi jarak antar dupa. Jangan dijadikan satu kesatuan. Dengan adanya ruang tersebut, maka api akan lebih cepat membesar karena dibantu oleh ruang yang berisi udara tersebut.

 

Filosofi yang saya dapatkan adalah : Jika kita membentuk sebuah komunitas, cara untuk membuat komunitas itu menjadi cepat berkembang adalah dengan cara berkumpul dengan tidak mengikat satu sama lain nya. Semua memiliki ruang sendiri untuk berkembang tanpa adanya desakan dari komunitas tersebut.

 

Semoga bermanfaat.

Salam Sukses Selalu.

So, what do you think ?